6282119732095

pemdes@papayan.desa.id

Permohonan Online

Anda dapat mengajukan secara permohonan online

Produk Warga

Jelajahi produk lokal buatan dari para warga kami untuk Anda

Lapor/Aduan/Saran

Anda dapat melaporkan aduan dan memberi saran maupun kritik

Usulan

Anda dapat memberikan usulan kepada kami

Berdayakan Remaja: Pencegahan Narkotika di Desa Papayan

Mengapa pencegahan narkotika Penting?

Penyalahgunaan narkotika adalah masalah serius yang dapat menghancurkan kehidupan remaja. Narkotika memiliki dampak negatif pada kesehatan fisik dan mental, hubungan sosial, dan prestasi akademik. Selain itu, penyalahgunaan narkotika juga dapat menyebabkan ketergantungan dan keterpurukan finansial. Oleh karena itu, penting bagi komunitas, orang tua, dan pemerintah untuk bekerja sama dalam upaya pencegahan narkotika.

Gambar

Peran remaja dalam Pencegahan Narkotika

remaja adalah kelompok yang rentan terhadap penyalahgunaan narkotika. Masa remaja merupakan masa transisi yang penuh tantangan, di mana remaja seringkali mengalami tekanan dari teman sebaya dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, remaja perlu diberdayakan agar mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk mengatasi godaan dan tekanan negatif yang dapat mengarah pada penyalahgunaan narkotika.

Program Berdayakan Remaja di desa Papayan

Kepala desa Papayan, Bapak Sumarna S.Pd, M.MPd, menyadari pentingnya upaya pencegahan narkotika di kalangan remaja. Karena itu, beliau telah menginisiasi program “Berdayakan Remaja” di Desa Papayan. Program ini bertujuan untuk memberikan pendidikan dan pelatihan kepada remaja desa Papayan mengenai bahaya penyalahgunaan narkotika, cara menghadapi tekanan negatif, dan mengembangkan keterampilan sosial yang berguna dalam menjaga diri mereka dari godaan narkotika.

Penyuluhan Bahaya Narkotika

Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam program “Berdayakan Remaja” adalah penyuluhan mengenai bahaya narkotika. Penyuluhan ini melibatkan ahli narkotika, petugas medis, dan narasumber terkait lainnya. Dalam penyuluhan ini, remaja diajarkan tentang jenis-jenis narkotika dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh penggunaannya. Mereka juga diberikan informasi mengenai jalur hukum dan konsekuensi yang akan mereka hadapi apabila terlibat dalam penyalahgunaan narkotika.

Pelatihan Menghadapi Tekanan Negatif

Tekanan negatif dari teman sebaya dan lingkungan sekitar seringkali menjadi faktor pendorong dalam penyalahgunaan narkotika. Oleh karena itu, penting bagi remaja untuk memiliki keterampilan menghadapi tekanan negatif. Dalam program “Berdayakan Remaja”, remaja desa Papayan diberikan pelatihan mengenai strategi menghadapi tekanan negatif, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan yang baik. Mereka juga diajarkan tentang pentingnya memiliki tujuan hidup yang positif dan menghindari lingkungan yang berpotensi berbahaya.

Pilihan Karir yang Positif untuk Remaja

Selain mendidik dan melatih remaja dalam menghadapi godaan dan tekanan negatif, program “Berdayakan Remaja” juga memberikan perhatian pada pilihan karir yang positif. Remaja disadarkan akan pentingnya memiliki tujuan hidup dan cita-cita yang jelas. Mereka diajarkan untuk bermimpi besar dan bekerja keras untuk mencapai impian mereka. Program ini juga menyediakan informasi mengenai berbagai pilihan karir yang tersedia, baik dalam bidang pendidikan, kewirausahaan, maupun pekerjaan formal lainnya.

Pendampingan dan Kontrol Diri

Penting bagi remaja untuk memiliki pendampingan yang baik dalam menjalani kehidupan remaja yang sehat. Dalam program “Berdayakan Remaja”, remaja desa Papayan dibimbing oleh para mentor yang sudah memiliki pengalaman dalam bidang pendidikan dan kepemudaan. Mentor ini membantu remaja dalam menghadapi masalah sehari-hari, memberikan dukungan dan motivasi, serta memberikan pengarahan dalam memilih dan mengambil keputusan yang baik.

Selain itu, program ini juga mengajarkan remaja tentang pentingnya mengendalikan diri. Mereka diajarkan cara mengelola emosi, mengatur waktu, dan menggunakan media sosial dengan bijak. Diharapkan dengan adanya pendampingan dan kontrol diri yang baik, remaja dapat menjaga diri mereka dari godaan narkotika.

Kesimpulan

Masalah narkotika merupakan ancaman serius yang harus dihadapi oleh masyarakat. Upaya pencegahan narkotika sangat penting, terutama di kalangan remaja yang rentan terhadap penyalahgunaan narkotika. Program “Berdayakan Remaja” di Desa Papayan menjadi salah satu contoh upaya pencegahan yang menjunjung tinggi pentingnya pendidikan, pelatihan, pilihan karir yang positif, pendampingan, dan kontrol diri dalam menjaga remaja dari godaan narkotika. Dengan adanya program ini, diharapkan remaja desa Papayan dapat tumbuh menjadi generasi muda yang tangguh, berdaya saing, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apa saja jenis narkotika yang berbahaya?

Narkotika yang berbahaya antara lain ganja, sabu-sabu, kokain, dan ekstasi. Penggunaan narkotika ini dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf dan organ tubuh lainnya.

2. Apakah penyalahgunaan narkotika berdampak pada prestasi akademik?

Iya, penyalahgunaan narkotika dapat mempengaruhi prestasi akademik. Pengguna narkotika sering mengalami penurunan konsentrasi, kehilangan minat dalam belajar, dan absen sekolah.

3. Bagaimana langkah-langkah pencegahan narkotika di Desa Papayan?

Langkah-langkah pencegahan narkotika di Desa Papayan termasuk penyuluhan bahaya narkotika, pelatihan menghadapi tekanan negatif, pilihan karir yang positif, pendampingan, dan kontrol diri.

4. Bagaimana cara mengatasi tekanan negatif dari teman sebaya?

Cara mengatasi tekanan negatif dari teman sebaya antara lain dengan mengakui keberadaan tekanan tersebut, memilih teman sebaya yang positif, dan menemukan aktivitas lain yang dapat mengalihkan perhatian.

5. Apakah program “Berdayakan Remaja” di Desa Papayan efektif?

Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, program “Berdayakan Remaja” di Desa Papayan telah memberikan dampak yang positif. Remaja desa Papayan menjadi lebih sadar akan bahaya narkotika dan memiliki keterampilan yang cukup untuk menghadapi tekanan negatif.

6. Apa langkah selanjutnya setelah program “Berdayakan Remaja”?

Langkah selanjutnya setelah program “Berdayakan Remaja” adalah memantau perkembangan remaja, memberikan dukungan yang berkelanjutan, dan memperluas program pencegahan narkotika ke desa-desa lainnya di Kabupaten Tasikmalaya.

Berdayakan Remaja: Pencegahan Narkotika Di Desa Papayan

0 Komentar

Baca artikel lainnya